Resep kue Kukus

Resep Kue kukus - Siapa sih yang tidak kenal dengan kue kukus lembut yang satu ini. Rasanya manis dengan tekstur yang sangat lembut. Diambah dengan bentukknya yang indah didalam cup dan merekah dengan berbagai warna. Tidak salah jika kue kukus menjadi salah satu jajanan favorit keluarga. Kendati banyak orang yang menggemarinya, tidak banyak yang paham cara pembuatan kue yang biasa disebut bolu merekah ini. Melihat kue kukus yang tampil begitu menawan, banyak yang mengira kalau kue ini termasuk kue yang cara pembuatannya rumit. Nah, dalam artikel ini kami menyajikan resep kue kukus yang ternyata bena-benar mudah dan hemat. 

 Kue_kukus
Resep Kue kukus
Bahan:
  • 200 gr gula pasir.
  • 2 butir telur.
  • 275 gr tepung terigu berkadar protein sedang.
  • 225 ml minuman bersoda tawar seperti sprite atau f&n.
  • 2 sdt emulsifier (sp/tbm).
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 1/2 sdt esens vanili.
  • 2 tetes pewarna makanan 1 (misal warna merah, pink, dll)
Cara Membuat: 
  1. Campur bahan berikut; gula pasir, telur, dan emulsifier kemudian kocok hingga kaku selama kurang lebih 10 menit. 
  2. Ayak/ saring tepung terigu dan baking powder secara bergantian dan campur dengan minuman bersoda lalu kocok perlahan. Selanjutnya masukan esens vanili lalu aduk hingga rata. 
  3. Untuk menhasilkan kue kukus dengan tampilan menarik, maka ambil semangkok kecil adonan untuk diberi pewarna. 
  4. Masukan adonan putih pada cetakan bolu kukus yang telah dilapis kertas kue. Beri variasi dengan menambah adonan warna 1 dan 2 pada bagian atas. 
  5. Selanjutnya kukus selama 10 menit dengan api besar.

Dengan resep diatas jelas bahwa kue kukus merupakan kue yang mudah untuk dibuat sendiri dirumah. Namun, jangan kaget bila nanti anda mendapai kue kukus anda tidak terlalu mekar atau kurang menarik. Dalam membuat kue kukus ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu pastikan soda yang digunakan masih baru dan setel mixer dengan dekepatan tinggi agar adonan dapat mengembang maximal. Nah, satu hal yang tidak boleh dilupakan, selalu bungkus penutup pengukus dengan kain agar uap tidak menetes ke kue kukus. Demikian resep kue kukus yang mekar sempurna yang dapat segera anda coba. Semoga kue kukus anda bena-benar mekar dan lembut.
Previous
Next Post »